Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Sabtu, 03 Desember 2016

Jangan Pernah Membatasi Diri Mari Aktualisasikan Diri



Masing-masing diri kita diciptakan Allah SWT dengan adanya kekurangan dan kelebihan. Yang menjadi kekurangan yang ada pada diri kita hendaknya kita upgrade, dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat diri kita menjadi naik ke level yang lebih tinggi.


Jangan pernah membatasi diri pola fikir, membatasi kehendak diri maupun membatasi gerak diri. Namun merdekakanlah pola fikir, merdekakan kehendak diri maupun merdekakan gerak serta langkah kita. Jangkau sejauh mungkin dari apa yang kita kehendaki di dalam menjalani kehidupan ini.

Jangan pernah minder dengan segala keterbatasan atau kekurangan yang ada pada diri kita. Tapi mulailah berbuat dari hal yang paling sederhana sekalipun. Wujuduhu ka ada mihi, adanya dari tiadanya. From zero to hero. Dari kosong menjadi isi. Dari sederhana menjadi istimewa. Dari yang tiada berarti menjadi sesuatu yang berarti.

Aku kan hanya sebagai lulusan pelajar yang baru saja menjadi seorang mahasiswa, aku kan hanya seorang wanita, aku kan hanya seorang yang tiada memiliki kelebihan, aku kan orang yang tiada diperhitungkan.


Ups, right now we’ve to trust our ability and stop guilty ourselves. Remember, sesungguhnya Allah SWT menyukai mukmin yang kuat bukan mukmin yang lemah. Mulailah dari hal yang sederhana, dari hal yang bisa kita mampu lakukan sendiri. Jika kita tak mampu hendaklah diri kita mendekati orang yang mampu atau memiliki kelebihan. Agar diri kita bisa setara atau bahkan memiliki kemampuan lebih dari orang yang mampu atau berkelebihan tersebut.


Allah SWT menyukai mukmin yang senantiasa bergerak pindah, dari satu tempat yang memiliki berbagai kekurangan menuju ke tempat yang memiliki berbagai kelebihan. Sebagai salah satu contoh yang bisa kita lakukan ialah dengan mengikuti berbagai macam kegiatan ekstra kulikuler yang ada di kampus IAI AL-AZIS. Seperti mengikuti kegiatan olah raga sepak bola yang rutin di gelar tiap hari senin, rabu, jumat dan ahad (jadual bisa berubah-ubah sesuai situasi dan kondisi).


Kegiatan ini bisa dilakukan para mahasiswa kalangan pria, namun tidak menutup kemungkinan para mahasiswi pun di masa hadapan bisa turut serta mengikuti kegiatan ekstra kulikuler sepak bola. Dengan kita mengikuti kegiatan kegiatan persebakbolaan secara tak langsung kita ikut menyukseskan program-program yang ada di kampus IAI AL-AZIS. Selain itu tubuh kita akan senantiasa sihat, fikiran kita senantiasa positif, dan kita bisa memperoleh banyak kenalan dari sahabat.


Ini juga merupakan ajang aktualisasi diri kita dengan kemampuan yang kita miliki. Sejauh mana kemampuan atau kualitas diri kita, yang tak hanya bisa kita tunjukkan di dalam kelas. Di luar kelas pun, kita bisa menunjukkan kualitas diri kita dengan mengaktualisasikan diri kita mengikuti kegiatan ekstra kulikuler sepak bola. Dengan rutin kita mengikuti kegiatan sepakbola, skill atau kemampuan kita akan makin terasah. Bahkan kita bisa menjadi utusan kampus untuk bertanding dengan kampus lain.


Banyak hal lainnya yang bisa kita perbuat yang terpenting kita jangan pernah membatasi diri kita, dengan berbagai alasan. Tunjukkan bahwa diri kita bisa dan mampu bersaing bersama secara sihat. Kamu bisa aku juga bisa. Tunjukkan diri kita jangan hanya di dalam kelas, tapi tunjukkan diri kita di luar kelas hingga ke luar kampus, ke skup nasional hingga internasional. Terkesan berlebih, namun itulah ajaran Islam. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, serta hari esok harus lebih baik dari hari ini.

3 komentar: