Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Jumat, 02 Desember 2016

Internet Kecepatan Tinggi Sebagai Sarana Esensial Memajukan IAI AL-AZIS



Dunia era kini tak bisa lepas dari Informasi Teknologi (IT), semakin hari Informasi Teknologi semakin maju. Kemudahan untuk kita bisa meraih informasi kini tidak seperti di zaman dahulu, yang masih menggunakan pola manual atau tradisional.

Lambat, serba tidak taktis maupun praktis. Kini kita bisa meraih informasi teknologi melalui media berupa internet sebagai sarana yang paling tercepat. Teknologi terkini yang bisa mengakomodir berbagai ide, gagasan, kreasi, inovasi, karya, informasi dan lain-lain ke dalam bentuk format digital.

Tiap orang berlomba membuat inovasi dan kreatifitas melalui dunia teknologi informasi. Dimulai dari ruang lingkup pribadi, rumah tangga, pendidikan, bermasyarakat hingga bernegara. Internet sangat memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap kehidupan.

Orang yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, dapat dipastikan akan bisa bertahan lama. Dunia seakan berlari dengan kecepatan yang sangat tinggi, mengubah segala sesuatu dari yang tak mungkin menjadi mungkin, dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Kini dunia internet masuk ke berbagai segmen, dari perumahan, perkantoran, institusi, maupun pendidikan. Bahkan internet masuk ke dunia pendidikan yakni ke dunia kampus. Mulai dari kampus yang terbangun dari fisik yang sederhana, namun syarat dengan teknologi internet kecepatan tinggi. Ini dilakukan dari pihak kampus sebagai penyelenggara perkuliahan, untuk memfasilitasi para mahasiswa untuk bisa memanfaatkan internet kecepatan tinggi agar lebih produktif.

Produktif dalam artian mampu menjadikan internet kecepatan tinggi sebagai sarana penunjang pembelajaran di kelas, sarana penunjang di luar waktu perkuliahan pula. Misal, sarana untuk mempelajari berbagai macam kegiatan ekstra kulikuler seperti, tutorial web design, pembelajaran pembuatan aplikasi komputer, jaringan internet, mikrotik, pengetahuan tentang microsoft dan lain berbagai macam kegiatan lainnya.

Seperti dunia fotografi, dunia desain grafis, jurnalistik, teleconference antar kampus atau teleconference mahasiswa dengan dosen, pelatihan video recording, pelatihan penyiaran, live presentation, radio online, web update dan berbagai macam keperluan lainnya.

Berharap dengan adanya fasiltas internet dengan kecepatan tinggi, mahasiswa, dosen, dan segenap civitas kampus maupun kampus bisa mengerjakan berbagai kegiatan agar lebih produktif dan lebih cepat serta akurat.

Kampus yang tidak begitu dikenal akan lebih cepat dikenal dan berharap kampus akan lebih banyak dihuni oleh para mahasiswa baru. Kini IAI AL-AZIS baru memiliki tiga Fakultas, untuk ke depan berharap bisa memiliki lebih. Semakin hari semakin diminati dan semakin berkembang.

Dengan adanya fasilitas internet kecepatan tinggi, bisa membuat para mahasiswa, dosen, serta segenap civitas kampus membuat diri menjadi produktif. Keutamaan internet tidak hanya bisa untuk digunakan sebagai sarana pendidikan, namun juga bisa produktifitas diri, seperti untuk berbisnis online. Bisa kita gunakan untuk berjualan produk, jualan jasa maupun jualan ilmu (e-book) yang bisa kita buat dari hasil mengikuti pembelajaran saat di kelas di kampus.

Banyak contoh dari para mahasiswa dari berbagai kampus-kampus yang ada di seluruh Indonesia ini, yang menjadikan internet kecepatan tinggi sebagai sarana penunjang utama membangun diri. Ya, tidak usah menunggu hingga lulus kuliah baru membangun usaha, membangun diri, Namun, kita bisa melakukan sedini mungkin, selepas kuliah kita tinggal melanjutkannya. Sekedar catatan saja, ada kampus yang juga menyediakan fasilitas kredit laptop bagi para mahasiswanya.

Alhasil kampus bukan memanjakan mahasiswa, namun kampus menginginkan para mahasiswanya bisa menyalurkan berbagai ide (gagasan) nya untuk bisa dituangkan ke dalam media internet. Dan bisa membuat mahasiswa terus bergerak untuk produktif, kreatif, serta penuh akan inovasi.




2 komentar:

  1. Semoga dengan sarana internet, dapat lebih memajukan institusi, koneksi internet yang tinggi, Sebagai sarana menyajikan informasi secara cepat.

    BalasHapus
  2. Internet disebut juga New Media sebagai sarana mencari dan mempublikasikan segala informasi yang cepat. Semoga kita bisa memanfaatkan teknologi ini untuk hal yang berguna, termasuk segala informasi di WEB ini..

    BalasHapus