Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Sabtu, 04 Juli 2015

Warga Cikarmajaya Peringati Nuzulul Quran

Hari ke tujuh belas bulan Ramadhan diperingati sebagai permulaan turunnya Al-Quran yang diistilahkan Nuzulul Quran. Umat muslim di dunia memperingatinya dengan berbagai kegiatan. Warga Cikarmajaya, Cicalengka, Bandung memperingatinya dengan membaca surat yasin bersama-sama pada Jumat, 3 Juli 2015. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Pesantren Nuruz Zulam, Ds. Margaasih, Rt. 02/02, Cicalengka, Kab. Bandung.

Acara dipimpin Ustd. Ipik, sebagai pengasuh pesantren Nuruz Zulam usai sholat tharawih. Dalam sambutannya ustadz mengajak hadirin untuk meniatkan kegiatan itu sebagai bentuk ibadah kepada Allah. Menurut Ustd. Ipik, pada bulan Ramadhan bukan hanya Al-Quran yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad, namun shuhuf Nabi Ibrahim juga diturunkan pada bulan Ramadhan. Kitab samawi lainnya juga diturunkan pada bulan Ramadhan.
“Shuhuf Nabi Ibrahim diturunkan pada permulaan bulan Ramadhan. Sedangkan Kitab Taurat yang wahyukan kepada Nabi Musa AS turun pada malam keenam di bulan Ramadhan. Kitab Injil diturunkan pada malam kedua belas kepada Nabi Isa AS, dan Kitab Zabur pada malam kedelapan belas kepada Nabi Daud AS. Al-Quran yang wahyukan kepada Nabi Allah Muhammad SAW melalui malaikat Jibril diturunkan pada malam ketujuh belas di bulan Ramadhan,” kata Ustd. Ipik.
Menurut Ustd. Ipik, Al-Quran diturunkan bukan hanya sebagai pedoman umat Islam. Al-Quran sebagai petunjuk untuk seluruh mausia sebagaimana yang dijelaskan dalam surat Al-Baqoroh ayat 185.
Acara dimulakan dengan pembacaan sholawat dan doa-doa pembuka. Selanjutnya pembacaan surat Yasin yang diikuti sekitar 130 hadirin. Sebagai penutup kembali membaca sholawat, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nannas serta disempurnakan dengan do’a. Selesai acara hadirin diberi nasi kuning untuk disantap di rumah masing-masing.SN-RSN


0 komentar:

Posting Komentar