Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Kamis, 18 Juni 2015

Puasa Ramadhan 1436 H Dimulai Hari Kamis


Awal bulan Ramadhan 1436 H,  jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015.  Keputusan ini dikeluarkan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama RI setelah melakukan sidang itsbat pada Selasa 16/6/2015. Bertempat di Kantor Kementerian Agama RI secara aklamasi semua peserta menyetujui keputusan tersebut. “Ramadhan akan jatuh esok lusa, Kamis, 18 Juni 2015,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin usai melaksanakan sidang itsbat.
Sidang diputuskan setelah sebelumnya mendengarkan paparan dari pakar astronomi Badan Hisab Rukyat Kemenag dan para pelaku rukyat. Mereka melakukan pengamatan diberbagai provinsi di Indonesia. “Hasilnya tidak ada satu pun pelaku hilal yang melihat hilal. Atas dasar itu peserta sidang menyepakati hilal tidak bisa dilihat sehingga bulan Sya’ban disempurnakan menjadi 30 hari,” kata Lukman. Peserta sidang pun setuju dan menerima keputusan sidang yang dipimpin Menteri Agama dan didampingi Ketua Umum MUI, Din Syamsudin dan dihadiri berbagai elemen Ormas Islam. Ormas NU dan Muhammadiyah yang merupakan Ormas Islam terbesar di Indonesia juga sepakat.
Dengan putusan sidang tersebut, sebagian besar  Umat Islam Indonesia mulai berpuasa pada hari Kamis, 18 Juni. Dan tentunya mulai melaksanakan shalat tharawih pada Rabu malam atau malam Kamisnya. Marhaban ya ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436 H.SN-RSN


2 komentar:

  1. Alhamdulillah sepakat juga akhirnya...

    BalasHapus
  2. Semoga kebersamaan menumbuhkan rasa persatuan demi tercipta toleransi dan damai...

    BalasHapus