Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Kamis, 18 Juni 2015

LARANGAN BERPUASA KEMBALI DIALAMI MUSLIM UIGHUR

      Pemerintah tiongkok kembali melakukan pelarangan terhadap muslim Uighur untuk melakukan ibadah puasa pada tahun ini, setelah tahun lalu mereka juga melakukan larangan serupa. Seperti diberitakan Viaberita.com, Pemerintah Tiongkok akan memberikan sanksi yang tegas kepada warganya apabila kedapatan melaksakan puasa di bulan ramadhan ini. 
   
  Awal pekan kemarin, Pemerintah Provinsi Xinjiang secara resmi mengumumkan larangan berpuasa untuk pegawai negeri sipil, anggota partai, guru dan siswa sekolah negeri. Selain Provinsi Xinjiang, pemerintah kota Jinghe di perbatasan dekat Kazakhstan juga mengeluarkan aturan untuk restoran-restoran halal di wilayahnya untuk tetap buka seperti biasanya di bulan ramadhan ini.
      Selain itu, menurut laporan Karamay Daily, Pemerintah Tiongkok juga membatasi muslim Uighur untuk pergi ke masjid. pengajian dan kegiatan di masjid diawasi secara ketat oleh para tentara terutama di daerah sebelah utara kota karamay. Juru Bicara Muktamar Muslim Uighur, Dilshat Rasyid mengatakan bahwa pembatasan tersebut dapat menimbulkan pelawanan dari muslim minoritas karena merasa terdzalimi.
    Uighur adalah etnis minoritas di negara tiongkok yang merupakan keturunan turki. Jumlah penduduknya ada sekitar selapan juta orang terpusat di daerah sebelah barat laut provinsi xinjiang. walaupun sudah menjadi daerah otonom sejak 1955, Namun, Xinjiang selalu menjadi obyek kekerasan dari tentara keamanan tiongkok.
     Berbanggalah menjadi bangsa Indonesia yang besar oleh rasa toleransi dan perdamaian yang tinggi. Walaupun Negara Republik Indonesia bukan Negara agama namun kebebasan pemeluk agama melakukan kegiatan keagamaan sangat dilindungi dan difasilitasi dengan baik. Semoga Tiongkok ke depan berkaca kepada bangsa-bangsa lain yang lebih toleran dalam menghargai perbedaan dalam hidup menjadi warga dunia yang berbeda dalam segala hal. Selamat menjalankan ibadah puasa kepada selauruh umat muslim dimanapun berada, semoga Tuhan memberkati kita semua. SN-DDG

0 komentar:

Posting Komentar