Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Minggu, 31 Mei 2015

JEMBATAN SEWO, LEGENDA SANG RONGGENG

Seser, alat para pengais rizki di Jembatan Sewo 
       Matahari belum begitu tinggi. Jumat, 15 Mei 2015, Yayah (46 Tahun), warga Blok Kedondong, Desa Sukra, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu ini melangkahkan kaki menuju jembatan Sewo. Setiap hari tak kurang dari 30 ribu rupiah ia bawa ke rumahnya sebagai tambahan uang jajan untuk anak-anaknya. Menurut penuturannya, hari ini uang belanja dengan anak 3 orang yang masih membutuhkan biaya, 60 ribu rupiah itu masih jauh dari cukup. Suami yang bekerja sebagai tukang ayam, tidak selalu menghasilkan uang yang cukup untuk mereka. ‘kegiatan’ ini ia lakukan setelah anak-anak dan suaminya berangkat melakukan pekerjaannya masing-masing.

       Selain Yayah, ada Rudi (11 Tahun). Dia biasa ‘mangkal’ di jembatan Sewo setelah selesai belajar dari sekolahnya. Anak yang duduk di Sekolah Dasar kelas 5 itu pun mempunyai maksud yang sama dengan Yayah, yaitu memungut uang yang dilempar oleh para pengguna jalan yang melewati jalur Pantura dari Jakarta ke arah Jawa, ataupun sebaliknya dari arah Jawa menuju ke arah Jakarta. Rudi masih beruntung bisa sekolah walau setelah itu dia mesti ikut bergabung dengan puluhan orang, baik orang tua, anak-anak, laki-laki, ataupun perempuan yang mencoba peruntungan mereka disana, walaupun nyawa jadi taruhannya. Wahyudi, yang tak beda jauh usia dengan Rudi tidak bisa melanjutkan sekolahnya dengan alasan tak punya biaya untuk sekolah, dan memilih jembatan Sewo sebagai tumpuan ‘penghasilan’ bagi anak 11 tahun ini. Bagi Wahyudi, Yayah, Rudi, dan puluhan orang disana meggadaikan nyawa mereka dengan hasil ‘ngadang tawur’ (menunggu orang lempar uang-red) dari para pengguna jalan dengan mengantongi 30 ribu rupiah, terlihat begitu puas.

     Sering terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa diantara mereka, tapi seolah mereka tak peduli seperti tak punya pilihan lain dalam mencari penghasilan. Selang dua minggu yang lalu, satu orang diantara mereka tertabrak truk dan tewas di tempat. Dan itu terjadi didepan mata mereka, dengan darah berceceran dimana-mana, dengan tubuh hancur dilindas truk, tapi seolah hanya menjadi pemandangan yang biasa saja bagi mereka disana. Kemudian timbul beberapa pertanyaan, Bagaimana fenomena ini bisa terjadi? Apa yang melatarbelakangi timbulnya fenomena ‘jembatan Sewo’ ini? Apakah yang menjadi motif penabur uang melakukan seperti itu?

      Sebelum membahas pertanyaan-pertanyaan itu ada baiknya kita mengetahui sebuah cerita dibalik fenomena jembatan Sewo ini agar bisa memberikan analisa yang benar-benar bisa menghasilkan kesimpulan yang diperlukan sebagai bagian dari cara mengatasi masalah yang ada di antara masyarakat jembatan Sewo dan sekitarnya. Cerita ini sangat populer di kalangan rakyat Indramayu, bahkan dari cerita inilah lahir sebuah lagu atau kawih Dermayuan yang berjudul Kiser Saedah Saeni. Marilah kita simak ceritanya,
Di Indramayu terdapat satu desa yang bernama Karang Turi, di desa tersebut ada sebuah keluarga yang dikepalai oleh Sarkawi dan beranggotakan istri Sarkawi, serta dua orang anaknya, Saedah dan Saeni. Suatu saat Sarkawi pergi untuk naik haji. Tiba-tiba di tengah perjalanan Sarkawi tergoda dengan penari ronggeng yang bernama Maimunah. Sarkawi dan Maimunah akhirnya menikah tanpa sepengetahuan keluarganya di rumah. Sudah tujuh bulan lamanya Sarkawi tidak datang jua, istri Sarkawi sakit dan akhirnya meninggal dunia. Beberapa hari kemudian Sarkawi memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya serta membawa istri mudanya.

      Setibanya di rumah Sarkawi terkejut karena mendengar kabar dari anaknya bahwa ibu sudah meninggal. Suasana semakin membaik, Sarkawi memperkenalkan Maimunah kepada Saedah dan Saeni bahwa Maimunah telah menjadi ibu tirinya. Tidak lama dari itu Sarkawi pun pergi untuk mencari nafkah, Maimunah pergi ke pasar, sebelum pergi ia berpesan kepada Saedah dan Saeni jika ia pergi, beras dan uang yang ada di meja jangan dipakai. Tapi sebaliknya karena Saeni lapar, akhirnya beras dimasak oleh Saedah. Setelah Maimunah tahu akhirnya Maimunah marah dan mencaci-maki Saedah dan Saeni.

      Karena tidak kuat atas perilaku ibu tirinya Saedah dan Saeni memutuskan untuk pergi dari rumah, Maimunah sadar akan perbuatanya, ia meminta maaf dan meminta Saedah dan Saeni jangan pergi dari rumah. Sebagai wujud permohonan maaf Maimunah mengajak anak-anak  tirinya itu jalan-jalan ke kota. Rupanya Maimunah bukannya ingin mengajak jalan-jalan tetapi ingin membuang Saedah dan Saeni, anak-anak tirinya itu di tengah hutan. Hari sudah malam hanya ada Saedah, Saeni, dan binatang malam yang berada di tengah hutan. Entah datang darimana ada seorang kakek tua mendekati Saeni lalu ia memberi petunjuk kepada Saeni, bahwa Saeni akan di jadikan penari ronggeng tetapi mereka mengadakan perjanjian.
Sesudah Saeni menjadi penari ronggeng dan Saedah jadi tukang kendang, hidup mereka jauh lebih baik bahkan mereka berniat untuk membayar hutang kepada ibu tirinya. Seiring waktu berlalu si kakek tuapun menagih janji, tak lama kemudian Saeni berubah menjadi buaya putih. Melihat adiknya berubah wujud menjadi buaya putih Saedah langsung memberi kabar kepada orang tuanya di rumah, tanpa berpikir panjang Saedah dan orang tuanya menuju ke sungai sewo. Tak lama kemudian Sarkawi terjun ke sungai Sarkawi pun berubah wujud menjadi bale kambang (balai yang mengambang). Begitu pula istri mudanya, Maimunah menjadi pring ori (bambu). Karena melihat keluarganya sudah tidak ada semua, badan Saedah terasa lemas, Saedah tertidur di jalur rel kereta api yang bersebelahan dengan sungai sewo, akhirnya Saedah terlindas kereta api dan berubah wujud menjadi bunga cempaka putih.

      Cerita ini ditemukan hampir di seluruh daerah Indramayu, bahkan Cirebon, Subang, Karawang, dan juga sebagian jalur pantura Jawa Tengah. Menurut Deden Saprudin pria yang lahir 54 tahun yang lalu itu bertutur tentang bagaimana fenomena ini bisa terjadi di jembatan Sewo. Bapak dengan 4 orang anak yang biasa dipanggil Pak Dedeng ini memberikan sedikit perbedaan tentang pandangan masyarakat mengenai fenomena yang menurutnya adalah penyimpangan dari kejadian awal terjadinya tradisi ‘buang’ uang di sekitar jembatan Sewo.

       Awalnya, tradisi buang uang ini berawal dari Saedah yang bermain kendang dan Saeni yang Sang Ronggeng menampilkan keahliannnya di pinggiran jalan Pantura, dan setiap yang lewat akan melemparkan saweran tanda menghargai keahlian dua orang adik kakak ini berkesenian khas Pantura.
      Apabila di kemudian hari tradisi ini berubah ke arah mitos tentang buaya putih-nya Saeni dan segala perniknya keluarga Saedah-Saeni dan terjerumusnya bus Dwi Warna di kali Sewo yang mengangkut transmigran pelopor asal Boyolali yang menewaskan 67 orang, kemudian juga dibangun sebuah monument di atas makam mereka yang diberi tulisan “Lokasi Makam Pioneer Transmigrasi, 11 Maret 1974, Desa Sukra, Kec. Sukra, Kabupaten Indramayu”, yang apabila tidak melemparkan uang di jembatan Sewo akan diganggu makhluk penunggu jembatan Sewo, menurut Pak Dedeng adalah dibesar-besarkan.

     Terlepas dari itu semua, penulis memberikan sebuah analisa sederhana dari kejadian ini. Bahwa betapa lemahnya Negara memberikan perlindungan kepada warganya dalam berbagai hal, dari ekonomi, sosial, budaya, dan terutama adalah ideologi yang tertanam jauh di dalam kalbu masyarakat yang tak gampang lekang oleh waktu dan tak bisa di seka oleh aliran Sang Zaman yang menurut belahan dunia yang lain sudah dinamakan modern bahkan ada yang berasumsi diatas modern yaitu postmodern.

      Begitu mudahnya manusia Indonesia menerima pemahaman-pemahaman yang bahkan menurut mereka yang melakukannya pun dianggap tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan keyakinannya sendiri. Fenomena apakah ini? Kejadian seperti ini bukan hanya di satu tempat saja di tanah air, banyak tempat yang memberikan ‘pelayanan’ yang mirip dengan yang terjadi di Jembatan Sewo. SN-DDG

9 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  2. Bodoh kau ^ duit yg tidak jelas asalnya antum terima..awal dgn bismillah setelahnya ritual. Antum tau mengenai jin?! Jgn pikir jin itu hny sebatas mengganggu manusia saja, jgn sampai antum syirik. Aku tidak kesal sama sekali,hanya mengingatkan

    BalasHapus
  3. Makasih y bang wawasannya mengenai jembatan kali sewo

    BalasHapus
  4. Metrolina Credit Company
    Halo

    Apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk meningkatkan bisnis Anda lagi karena tugas kami untkarena uk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda harus khawatir tidak lagi. Metrolina Credit Company hadir untuk mempermudah pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kebutuhan keuangan lainnya

    Ew dapat membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akan pinjaman dari perusahaan ini yang harus Anda lakukan adalah memberikan kredensial sejati Anda dan Anda dapat mengajukan permohonan kepada kami melalui hal-hal berikut.

    Gmail: metrolinacreditcompany@gmail.com

    Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal.
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai bisnis pribadi Anda bisa melamar dalam mata uang apapun yang Anda inginkan

    Terapkan sekarang
    Perusahaan Kredit Metrolina
    metrolinacreditcompany@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  5. TITLE: SBLC/BG LEASE & PURCHASE - NO TRANSMISSION FEE


    We are project funder as well as financial lender. We have BG/SBLC specifically for BUY/LEASE at a leasing price of 4%+1% of face value Issuance by HSBC London and many other 25 top AA rated Bank in Europe, Middle East or USA. We also secure funding. Also We are into the provision of short term and long term business/personal loans for both small and large scale business funds.

    FOR LEASING OF BG/SBLC

    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    LEASING FEE = 4%+1%


    FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC

    PRICE = 32%+1%

    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved.

    Name: Abdul selim gul

    Contact Email: easyfinanceltd980@gmail.com

    BalasHapus
  6. ANNISA AHMAD LOAN COMPANY


    Halo, saya Ny. Annisa Ahmad, kredit pribadi bagi kreditor untuk meminjamkan uang
    Saat yang tepat Anda membutuhkan pinjaman untuk uang Anda atau
    pinjaman Anda ingin Mengisi bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank
    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal
    lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek?
    Mencari lebih banyak, karena ini adalah tempat Kami melakukan segalanya untuk menjaga masalah keuangan kami tetap rendah
    ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan Keuangan,
    kredit macet atau uang untuk uang
    Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda
    Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang dapat diandalkan, dan siap menawarkan pinjaman.
    Tidak ada jumlah yang Anda butuhkan, kami hadir untuk menawarkan Anda membuat Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda bagaimana sevice dijamin 100%, kami akan dengan jumlah yang Anda dapatkan dari negara manapun dengan EUR / USD 1M jadi com dan mendapatkan pinjaman Anda di sini dengan 2 Tuhan memberkati Anda semua saat Anda datang dan mendapatkan milik Anda.

    Jadi hubungi kami hari ini melalui email:
    (annisaahmadlaoncompany@gmail.com)
    También puede contactarnos por Pin BBM:
    (DB5121C1)
    Anda dapat menghubungi kami di FACE BOOK:
    (Annisa Ahmad)
    Apa yang salah:
    (+393511318582)

    BalasHapus
  7. Do You Seek Funds To Pay Off Credits and Debts? { FIFOCapitals@gmail.com } Is Here To Put A Stop To Your Financial Problems. We Offer All Kinds Of Loan (Personal Loan, Commercial Loan, etc.) We Give Out Loan With An Interest Rate Of 1.00%. Interested Applicants Should Contact Us Via Email: FIFOCapitals@gmail.com

    Please Fill the Application Form Below:
    - Complete Name:
    - Loan Amount Needed:
    - Loan Duration:
    - Purpose Of Loan:
    - City / Country:
    - Telephone:
    - How Did You Hear About Us:

    If You Are Interested To Get A Loan Then Kindly Write Us With The Loan Requirement. Please, Contact Us via email: FIFOCapitals@gmail.com

    BalasHapus
  8. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM INVITE::{D8980E0B}:::::::::::::{4424AA}
    facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)
    Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus