Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Minggu, 17 Mei 2015

Abdullah Jihad Al Akbar: Dari Hobi Menjadi Prestasi

Pemain dan pelatih hoki
Abdullah Jihad Al Akbar atau biasa dipanggil Jihad, dilahirkan di Jakarta, 11 Agustus 1995, ia adalah putra sulung dari pasangan Bagas Kurniawan dan Intan Komalasari. Lelaki yang memiliki hobi traveling dan wisata kuliner ini, memiliki dua orang adik laki-laki dan dua orang adik perempuan yang juga berprestasi di olahraga hockey. Jihad, semasa kanak-kanak, bercita-cita menjadi aktor dan pembawa acara televisi, namun takdir membawanya menjadi seorang atlet hockey profesional.
Ia mengenyam pendidikan taman kanak-kanak (TK) di TK Al Azhar, Kemang, Jakarta Selatan. Kemudian ia melanjutkan pendidikan dasar kelas 1 sampai kelas 4 di SD Cendrawasih II di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menginjak kelas 5 SD, ia melanjutkan pendidikannya di Madrasah Ibtida’iyah (MI) Al Zaytun. Kemudian melanjutkan sekolah menengah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di lembaga yang sama. Agak sedikit berbeda dengan profesi yang digelutinya saat ini, Jihad mengambil program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah di Institut Agama Islam Al Zaytun Indonesia (IAI ALAZIS).
Ia memulai karirnya sebagai pemain hockey sejak umur sembilan tahun, saat itu ia bersekolah di Madrasah Ibtida’iyah Al Zaytun kelas lima. Ia mulai tertarik dengan olahraga hockey karena pamannya (Yasser Arafat Suaidy) adalah seorang pelatih hockey. Kemudian ia diajak bergabung tim hockey asuhan pamannya, Al Zaytun Hockey Club (AHC). Bermula dari having fun, ternyata hockey membawanya meraih banyak prestasi, mulai dari MVP (Most Valuable Player), pemain berbakat hingga Top Score di berbagai kejuaraan.
Selama ia duduk di bangku sekolah menengah, ia bermain untuk tim hockey Al Zaytun, Setelah lulus MA, ia memilih untuk bergabung dengan salah satu klub hockey di Jakarta, yaitu Nusantara Hockey Club (NHC). Selain bermain untuk NHC, Jihad juga merupakan salah satu atlet Pemusatan Pelatihan Daerah (Pelatda) DKI Jakarta.
Selama bermain hockey, ia telah meraih beberapa penghargaan baik pribadi maupun tim, diantaranya:
1.      Juara I Indonesia Youth Hockey Challange 2010,
2.      Juara I Indonesia Youth Hockey Challange 2011,
3.      Juara I Indonesia Youth Hockey Challange 2012,
4.      Juara I Indonesia Youth Hockey Challange 2013,
5.      Juara I Liga Hockey Jawa Barat 2012,
6.      Juara I Liga Hockey Indoor Jawa Barat 2013,
7.      Juara I Invitasi Hockey Ruangan Antar SMA se-Indonesia 2011,
8.      Juara I Invitasi Hockey Ruangan Antar SMA se-Indonesia 2012,
9.      Juara I Invitasi Hockey Ruangan Antar SMA se-Indonesia 2013,
10.  Juara I Trisakti Hockey Junior Championship 2012,
11.  Juara I ISCI International Hockey Festival 2013,
12.  Peringkat I babak kualifikasi PORDA Jawa Barat 2013,
13.  Juara II Piala Walikota Surabaya 2012,
14.  Juara II Invitasi Hockey Ruangan antar klub se-Indonesia 2015,
15.  Top Score Fun Game Hockey Alzaytun 2013,
16.  Pemain Terbaik Ramadhan Hockey Festival 2014,
17.  Peringkat IV Selangor Open Champions 2015,
18.   Juara II Kejuaraan Nasional antar Provinsi se-Indonesia 2015,

Ia terpilih sebagai satu dari 18 atlet Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) Indonesia untuk event SEA GAMES Singapore yang akan digelar pada 6-18 Juni 2015. Saat ini, ia pemegang Top Score sementara Jakarta Hockey League (JHL) 2015 dengan tujuh gol. Menurut Jihad, olahraga hockey di Indonesia belum begitu memasyarakat seperti olahraga sepakbola dan bulu tangkis, besar harapan pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dapat memasyarakat dan mempopulerkan olahraga hockey di Indonesia dan tim-tim hockey di Indonesia dapat mengikuti lebih banyak event-event internasional. SN-AMN

6 komentar:

  1. Luar biasa, anak muda yang membuat kebanggan, teruslah berprestasi. Prestasimu selalu ditunggu bangsa dan negaramu.

    BalasHapus
  2. Ass,Wr. Wb. Saya selaku Penanggungjawab Hockey Al Zaytun (Ketua III KOSMAZ) dan Wakil Ketua FHI Kabupaten Indramayu serta Team Manager Hockey Indramayu pada Babak Kualifikasi dan pelaksanaan PORDA XII JABAR ingin meluruskan beberapa hal dalam artikel ini.
    1. Pada poin no.12, nama ybs tidak pernah mengikuti Babak Kualifikasi PORDA JABAR pad November 2013 di Bandung karena didiskualifikasi oleh panitia penyelenggara.
    2. Indonesia tidak mengirim tim nasional putra pada Sea Games 2015 Singapore, hanya mengirim tim nasional putri dengan hasil posisi ke-4 dari 4 peserta.
    3. Sebagai informasi tentang atlet alumni Hockey Al Zaytun yang sudah pernah membela Indonesia pada event resmi Internasional adalah : Annuur (alumni angkatan ke-4) yang sekarang merupakan mahasiswi UNJ. Dia membela Tim Merah Putih pada Sea Games 2013 di Myanmar.
    Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan mendukung Jurnalisme yang Sehat yang selalu berpegang teguh pada prinsip "Penyampaian Fakta yang benar"....SEMOGA...!!
    Wass. Wr. Wb.
    Salam Damai....Salam Olahraga....Maju Terus Hockey Indonesia...!!!

    Budi Satrio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kritik dan sarannya (Red)

      Hapus
  3. Ass.Wr.Wb. Salam Olahraga...!!! Sebagai pembina dan penggemar Hockey dan olahraga beregu lainnya saya mengusulkan bila menuliskan artikel tentang prestasi seseorang khususnya pada cabang olahraga beregu sebaiknya dicantumkan nama tim atau regunya. Karena prestasi seorang atlet cabang olahraga beregu tidak lepas dan melekat erat pada prestasi timnya. Dengan kata lain prestasi seseorang pada olahraga beregu bukan prestasi perseorangan.
    Demikian, semoga dapat lebih menyajikan informasi yang lebih bermutu kualitasnya di masa hadapan. Maju terus Hockey Indonesia...!!!

    BalasHapus
  4. Orang ybs di atas bukan pemain hockey IAI AL AZIS

    BalasHapus
  5. Ass. Wr.Wb. Sebagai Manager Team Hockey Ruangan Mahasiswa IAI Al AZIS saya sampaikan informasi sbb. :
    1. Saat ini (12-18 Sepetember 2015) Tim Hockey Ruangan Mahasiswa Al Azis sedang mengikuti Invitasi Hockey Ruangan Antar Perguruan Tinggi Piala Rektor UGM IV di Lapangan Tenis Indoor UNY.
    2. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 19 peserta dari 12 perguruan tinggi, putra dibagi 3 pool dan putri satu pool.
    3. IAI AL AZIS berada pada pool B bersama dengan ISTN, UNAIR dan UNESA
    4. Susunan Lengkap Tim Hockey Ruangan IAI AZIS sbb.:
    a. Penasehat : Rektor (Dr AS Panji Gumilang)
    Wakil Rektor (Drs. Nasrun, MPd.)
    b. Pembina : Ka Biro Kemahasiswaan ( Ali Aminullah, MAg.)
    Ketua Umum FHI Indramayu (Anis Khairunnisa, STh.I)
    c. Manager : Budi Satrio
    d. Stand In Manager : Ichda Kurnia
    e. Head Coach : Robby D Lineleyan
    f. Assistant Coach : Achmad Irfan
    g. Umpire : Dias Zulfahmil Hadi
    h. Players : Wahid Hakim, M Aulia Akbar Al Ardh, Setyo Waluyo, Panji Bagus Satrio, Sulthon Rafi, M Arib, Harris Nurfattah, Ibnu Salam, Rasyid Dhifa
    Semoga Informasi ini berguna bagi Admin website ini dan bagi pencinta hockey Indonesia....Maju Terus Hockey Indonesia...!!!

    BalasHapus