Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Kamis, 02 April 2015

Studi Lapangan Mahasiswa KPI Menghasilkan Gagasan Pembuatan Film

“Ini karya luar biasa, dari sisni kita bisa membuat karya lainnya,” kata Azwar, SS., Msi., Dosen jurnalistik IAI Al Zaytun Indonesia (IAI Alazis). Ini ia ungkapkan ketika berkunjung  kebeberapa lokasi kegiatan civitas Al-Zaytun pada Ahad 29/3. Ia mengunjungi beberapa lokasi bersama mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Mereka berkunjung dalam rangka studi lapangan untuk mempraktekan tehnik wawancara.
Istana beras (tempat penyimpanan dan pengolahan padi), tempat pertama yang mereka kunjungi. Ada banyak aktivitas dilakukan petugas Istana Beras Al-Zaytun. Ada yang menjemur padi, mengeringkan padi dengan mesin pengering ada juga yang menimbang padi yang baru datang. Semua sibuk menyambut hasil panenan dari sawah-sawah Al-Zaytun sehingga Kadio dan Hidayat belum bisa melakukan wawancara secara mendalam.
Di Istana Beras juga ada berbagai mesin pertanian modern. Ada juga tumpukan karung padi dari hasil panenan yang bisa memenuhi Al-Zaytun dua tahun kedepan. “Seharusnya pemerintah melihat kesini dan mengaplikasikan diberbagai tempat,” kata Azwar. Menurutnya ini merupakan hal yang luar biasa yang sebelumnya belum pernah  dilihatnya dan ia mengaku baru pertamakali berkunjung ke Istana Beras.
Perjalannan dilanjutkan dengan mengunjungi workshop pabrikasi dan Meubeleur. Dari sini segala kebutuhan kontruksi baja dan kebutuhan perkayuan Al-Zaytun diproses. Dul Khoer diperintahkan untuk mewawancarai petugas workshop meubeleur. Azwar pun sedikit berdialog dengan petugas meubeleur. Ia pun tahu bahwa pemenuhan kusen, meja, kursi dan lain-lain dikelola sendiri oleh Ma’had Al-Zaytun.
Mengakhiri perjalanan rombongan menuju lantai lima gedung Ali Ibnu Abi Tholib dimana sedang diadakan kegiatan kesenian santri. Rombongan pun sempat melihat ruangan audithorium Mini Zeteso, tempat pemutaran film dan kegiatan seremonial lainnya. “Ok, sekarang saya tahu beberapa lokasi, dan saya rasa kita bisa membuat karya film,” kata Azwar berdialog dengan mahasiswanya. “Kita nanti sesuaikan tema dengan lokasi,” kata Azwar mengakhiri.SN-RSN

0 komentar:

Posting Komentar