Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Selasa, 07 April 2015

Resensi Buku: Meningkatkan Kemampuan Wartawan

Resensi oleh: Rasna S Putra (1130302005)*
Meningkatkan Kemampuan Wartawan
Judul                : 10 Pelajaran untuk Wartawan
Judul Asli        : The Newspapers Handbook
Penulis             : Richard Keeble
Penterjemah     : Nur Zaen Hae, dkk.
Penyunting       : Atmakusumah
Penerbit           : Lembaga Studi Pers & Pembangunan, kerjasama dengan
               Kedutaan Besar Swiss dan UNESCO
Tebal                : 510 halaman
Cetakan         : Pertama, Desember 2000


“Lebih baik menghadapi senjata seorang tentara dari pada menghadapi pena seorang wartawan.”

Idiom tersebut menggambarkan betapa besarnya pengaruh tulisan yang dibuat oleh wartawan. Apa yang disajikan seorang wartawan dapat mempengaruhi opini publik yang tadinya biasa-biasa saja  berkembang menjadi sesuatu yang luar biasa. Tentu ini kare4na kepiawaian wartawan atau jurnalis dalam mengolahnya.
Sejak era pemerintahan B.J. Habibie, perusahaan penerbitan pers dibebaskan dari ketentuan Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP). Kebebasan tersebut membuat banyak kalangan berlomba-lomba membuat  perusahaan penerbitan. Perusahaan penerbitan baru banyak bermunculan, baik koran,tv maupun online. Penomena ini tentu peluang bagi wartawan pemula ataupun bagi yang ingin menjadi wartawan.
Menjadi seorang wartawan tidaklah mudah, perlu kemahiran yang mumpuni agar dalam perjalannya dapat bersaing dan tentunya akan mempengaruhi perusahaan yag menaunginya. Kemampuan yang pas-pasan akan mempengaruhi kinerjanya dalam menyajikan berita untuk dikomsumsi publik. Namun keahlian jurnalistik masih bisa dipelajari sambil tetap melakukan yang lain. Learning by doing begitu istilahnya.
Dalam meningkatkan kemampuan jurnalis bisa saja seseorang mengambil kursus jurnalis, namun bagi yang sibuk tidak sempat melakukan itu. Kehadiran buku Sepuluh Pelajaran untuk Wartawan mungkin akan membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam kewartawanan.Buku ini merupakan saduran dari buku The Newspapers Handbook karya Richard Keeble yang diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dan disesuaikan dengan konteks jurnalis Indonesia.
Buku Sepuluh Pelajaran untuk Wartawan ini memberi panduan tentang bagimana menjadi wartawan, kode etik jurnalistik, bagaimana hubungan wartawan dengan sumber berita, seni wawancara yang memikat, cara menulis berita dan mengolah bahasa, merencanakan dan meliput berita, melaporkan peristiwa, menyusun fakta, dan menulis feature. Buku ini juga memberikan kiat bagaimana seorang wartawan mengatasi kesehatannya, seperti stress.
Buku ini layak dimiliki bagi pemula yang baru berkecimpung di bidang jurnalis ataupun bagi yang menginginkan menjadi jurnalis/wartawan. Pembaca buku ini akan kaya pengetahuan ketika terjun ke lapangan sebagai jurnalis. Semoga buku ini dapat meningkatkan kapabilitas kewartawanan sebagai penyedia informasi bagi masyarakat. Selamat membaca.

*)Rasna S Putra: Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Al Zaytun Indonesia, Tinggal di Bandung

0 komentar:

Posting Komentar