Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Sabtu, 25 April 2015

PEMBEKALAN AKHIR SANTRI KELAS XII MA AL ZAYTUN

Indramayu, sundreamnews.com. Setelah melalui UN (Ujian Nasional) secara serempak, santriwan santriwati kelas XII Madrasah Aliyah Al Zaytun mengikuti serangkaian pembinaan atau pembekalan akhir yang di sebut irsyad. Bertempat di Auditorium Mini Zeteso, lt.V Gd. Ali bin Abi Thalib. Irsyad ini dilaksanakan pada tanggal 16-21 April 2015 dan diikuti oleh seluruh santri kelas XII. Tema yang di angkat pada irsyad kali ini adalah "Mewujudkan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam Kehidupan Nyata". Dalam pelaksanaanya irsyad dibagi menjadi tiga sesi yaitu 07.00-11.00, 14.00-16.00, 19.00-22.00 WIB. Setiap sesi diisi dengan materi yang berbeda-beda. Mengikuti dan memahami Irsyad sangatlah penting bagi seluruh kelas XII, karena irsyad merupakan salah satu persyaratan kelulusan di MA Al Zaytun.
Materi-Materi yang di berikan dalam irsyad ini diharapkan dapat menjadi pegangan dan tuntunan para santri kelas XII yang akan segera terjun ke masyarakat. "Materinya macam-macam, ada pengertian HAM, konsep ekonomi dalam Islam sampai tentang wawasan Indonesia,  semoga saja bisa di aplikasikan nanti,"  ujar M. Jihadi, santri kelas XII IPA-02 ketika ditanya mengenai materi irsyad tahun ini. Dalam penyampaianya, setiap materi di sampaikan oleh seorang muhadir atau pembicara yang berbeda-beda, tergantung dengan latar belakang dan kualifikasi para muhadir.
Dalam pelaksaan di setiap tahunya, para muhadir dari eksponen Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) selalu mengangkat tema yang berbeda,sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi di Indonesia. Ini menimbulkan kesan dan pesan yang berbeda dari para peserta irsyad. "Irsyad ini sangat mendidik, pembicaranya gak boring (membosankan), pokoknya seru deh" menurut Rayhan Jannataini Ainani, kelas XII IPA B-03 salah seorang peserta. Sedangkan Rajib Khairi Badar, santri kelas XII IPS-SA-02 berharap tahun berikutnya materinya lebih banyak dan bermanfaat. Setelah irsyad para santri akan melanjutkan ke rangkaian selanjutnya seperti rihlah ilmiah dan tasyakuran.SN-JHD


0 komentar:

Posting Komentar