Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Senin, 20 April 2015

Operasi Simpatik Bikin Simpatik Masyarakat

Jajaran Polisi Resot (Polres) Bandung menggelar Operasi Simpatik Lodaya 2015 di Wilayah Kecamatan Cicalengka, Kab. Bandung, pada Kamis 2/4/2015. Operasi Simpatik Lodaya 2015 dipimpin langsung Kapolres Bandung, AKBP Jamaludin, S.I.K. Operasi rencananya berlangsung dari tanggal 1 – 21 Apil 2015 yang dilaksanakan diberbagai tempat. "Kami ingin mengubah pandangan masyarakat tentang polisi, sehingga lebih paham dan sadar aturan dalam berlalu-lintas," kata Jamaludin.
Ada dua titik sentral sasaran di Kec. Cicalengka yaitu Stasiun Kereta Api Cicalengka dan depan Kator Kecamatan Cicalengka (Alun-alun Cicalengka). Di lokasi tersebut, jajaran Polres Bandung membagi-bagikankan broser tentang prosedur pelayanan mulai cara pembuatan SIM, dan pembayaran pajak kendaraan. Operasi juga menyediakan SIM Mobile yaitu perpanjangan SIM melalui bis keliling. Selain itu ada stan informasi dan sosialisasi e-Samsat sebagai tempat pembayan online untuk pembayaran pajak kendaraan.
Menurut Jamaludin cara ini dianggap efektif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Dengan turun langsung kepada masyarakat, informasi yang diterima lebih jelas. Selain itu masyarakat dapat memberi masukan kepada jajaran Kepolisian agar lebih baik. “Dengan cara ini kita bisa bertemu dengan orang banyak,” kata Jamaludin.
Banyak masyarakat yang bertanya-tanya dan takut melihat banyak polisi pada mula-mula digelar operasi. Namun setelah diberi tahu dan diberikan pemahaman, banyak yang antusias. Ada yang sengaja datang  untuk mengurus perpanjangan SIM atau pajak kendaraannya, atau hanya sekedar cari informasi. Ada kedekatan antara polisi dan masyarakat. “Bagus kaya gini nih, soalnya kalau ngurus ke Soreang (Samsat Polres Bandung) jauh,” kata salah satu warga yang datang mengurus perpanjang SIM di depan Kantor Kec. Cicalengka. SN-RSN

0 komentar:

Posting Komentar