Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Rabu, 08 April 2015

Mesin Modern: Sarana Pendukung Pertanian Al Zaytun

Pangan merupakan hajat primer hidup manusia, sebagai negara agraris yang bertanah subur mestianya terpenuhi karena selain memiliki lahan pertanian yang sangat luas, masyarakat Indonesia banyak bekerja di sektor pertanian, anehnya sampai sekarang untuk memenuhi kebutuhan pangan, negeri ini masih harus mendatangkan dari luar negeri.
Bila dihitung lahan pertanian Indonesia ini seluas 12,5 juta hektar, jika dibagi dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa, maka rata-rata setiap penduduk memiliki 500 m2 tanah pertanian. Jumlah ini sama dengan yang di kelola Al Zaytun, jika di rata-rata mempunyai lahan pertanian seluas 518 m2 per orang yang saat ini mempu memenuhi stok pangan bahkan surplus.
Dalam pelaksanaan pertanian Al Zaytun memfasilitasi dengan berbagai peralatan pertanian modern satu diantaranya alat memanen padi yang berfungsi: memotong, merontok dan memasukkan padi kedalam karung yang hanya membutuhkan 2 orang tenaga kerja, satu orang sebagai operator mesin dan satu lagi mengatur karung untuk diisi gabah. Dengan menggunakan mesin pemotong ini dapat memangkas biaya panen terutama untuk membayar buruh yang biasanya membutuhkan tenaga 15 orang.
Ada juga mesin pengeringan padi berbahan bakar sekam, daya tampung mesin ini sekali pengeringan mencapai 20 ton dalam waktu 8 jam. Proses mesin ini mula-mula gabah yang masih basah dimasukkan ke dalam boks driyer,kemudian,disirkulasi dengan angin sesuai dengan kebutuhan. Kemudian gabah dipanaskan yang bersumber dari sekam yang di bakar bertemperatur 200 C. Sistem penjemuran dengan mesin ini kekeringan gabah seragam sehingga berkualitas baik.SN-KDY

0 komentar:

Posting Komentar