Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Senin, 20 April 2015

Al Zaytun Panen Raya, di Istana Beras Gabah Melimpah

Hasil panen raya tahun ini di Ma’had Al Zaytun meningkat dari tahun lalu, hingga hari  Jumat, 10 April 2015 hasil panen padinya yang ton sudah masuk ke Istana Beras sudah mencapai 1.441,4 ton. Sedangkan persediaan  gabah tahun lalu masih sekitar 800 ton, diperkirakan masih cukup untuk konsumsi civitas Al Zaytun delapan bulan ke depan. Kebutuhan makan civitas Al Zaytun dalam satu pekan menghabiskan sepuluh ton beras kata Eni Yunita (32) staf bagian administrasi di Istana Beras yang sudah bekerja di Al Zaytun sejak tahun 2003 yang lalu.
 “Hasil panen dari petani yang menggarap sawah milik Al Zaytun, sebelum ditimbang harus diukur kadar airnya. rata-rata  kadar air mencapai 29 sampai 30 persen kadar air,” jelas wanita yang biasa dipanggil Ita itu.
Lebih jauh Ita menjelaskan setelah mengukur  kadar airnya maka dilakukan penimbangan dan penjemuran. Luas lahan penjemuran padi mencapai satu hektar, dalam satu hektar dibagi menjadi 22 line, untuk satu line kapasitas penjemuran 3 ton gabah tinggal dikalikan 3 ton kali 22 line jadi sekali dalam penjemuran gabah jumlahnya mencapai 66 ton gabah dengan ukuran kadar airnya harus mencapai 14 persen kadar air.
Pada kesempatan yang sama Slamet Hadi Santoso (34 tahun) Koodinator lapangan yang sudah lama bekerja di Al Zaytun sejak tahun 1999 itu menjelaskan  bahwa karyawan yang menangani penjemuran padi dilakukan dua shift, untuk shift siang jumlah karyawannya mencapai 80 personil  karena penjemurannya memakai  sistem manual. Sementara itu untuk sihft malam hanya 20 personil karena  penjemuran gabah pada malam hari  bisa dilakukan dengan menggunakan mesin dryer atau oven.  Kapasitas daya tampung mesin dryer sekali pengeringan maksimal 23 ton, untuk pengeringan menggunakan mesin dryer jika kadar airnya tinggi bisa mencapai 18 jam. SN-HDT

0 komentar:

Posting Komentar