Karya Jurnalistik

Media Informasi & Edukasi
close
close

Minggu, 22 Maret 2015

SURPLUS PANGAN DI PONPES AL ZAYTUN

Ponpes Mahad Al-Zaytun Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) terus berupaya mengali potensi untuk menghasilkan sesuatu yang sangat di perlukan di negeri ini, satu diantaranya adalah memaksimalkan produksi beras. Karena beras sebagai kebutuhan pokok umat manusia, tentu menjadi sebuah keniscayaan, untuk di jadikan sebagai produksi utama mengingat luasnya lahan pertanian YPI yang mencapai 1200 hektar. “Di tengah kondisi sosial ekonomi bangsa yang sedang mengalami kemerosotan khususnya dari segi pangan, Pondok Pesantren Mahad Al-Zaytun terus berupaya berbuat sesuatu untuk bangsa ini, yakni mengupayakan peningkatan produksi pangan untuk negeri ini,” jelas Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Dr Syaykh AS Panji Gumilang yang juga Rektor IAI ALAZIS tersebut.
Dalam acara Bakdiyah yang diadakan pada hari Jumat, 20 Maret 2015 yang lalu, Beliau juga menjelaskan bahwa hasil yang dicapai hari ini sudah melalui riset dan penelitian yang cukup panjang, yaitu sejak 14 tahun yang lalu. Sehingga saat ini YPI sudah mengalami penen raya dengan perkiraan hasil sebanyak 2000 ton satu kali masa panen.
Dalam kesempatan yang berbeda penanggung jawab pelaksana pertanian ponpes Mahad Al Zaytun, Muslih Faiz menjelaskan bahwa dari total lahan yang ditanami padi musim hujan (rendeng) ini adalah seluas 486 bahu. “Lebih luas dibanding tahun lalu yang hanya seluas 352 bahu, yang digarap oleh 94 petani penggarap yang berasal dari masyarakat setempat.”
Saat itu Faiz juga menyampaikan bahwa saat ini baru dipanen 114 bahu atau baru di panen 22 persen dari total lahan yang di tanami. Stok gabah yang baru dipanen saat ini sudah mencapai 453,6 ton. Rata- rata perbahu (7000 M -red) menghasilkan 3,9 ton. Ini hasil yang sangat menggembirakan, “Dengan demikian Ponpes tidak akan kekurangan pangan untuk jangka waktu sampai 3 tahun ke depan, mengingat stok pangan yang dipanen tahun lalu masih ada, kurang lebih 600 ton” jelas penanggung jawab pertanian Al Zaytun itu.Sebaiknya bangsa ini belajar dari system dan pola pertanian yang diterapkan oleh Ponpes Al Zaytun sebagai contoh dalam menerapkan system ketahanan pangan nasional.SN-MGS

0 komentar:

Posting Komentar